Dimas Bimantoro Menyukai dan sangat update tentang segala hal yang berkaiatan dengan teknologi.

Pengertian URL, Fungsi, Contoh dan Bagian-Bagiannya

pengertian, fungsi, contoh, dan bagian URL

Di zaman yang super modern ini, internet adalah salah satu bagian penting bagi masyarakat. Di dalam internet terdapat banyak unsur yang terkandung, salah satunya adalah URL atau yang biasa disebut dengan alamat website. Mungkin kalian sudah pernah mendengar kata tersebut entah ketika saat pelajaran atau sedang membaca buku ataupun juga artikel tentang internet.

Walupun banyak kegiatan yang menggunakan internet sering dilakukan, tetapi masih banyak orang yang juga belum mengerti definisi atau pengertian URL. Jadi pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian, fungsi, contoh dan bagian-bagian URL.

Awalnya URL ditemukan oleh seorang yang bernama Tim Berbeda Lee pada tahun 1991 dengan bertujuan untuk memudahkan para penggunanya yang ingin searching di internet. Dengan menggunakan URL atau alamat Website. dan Kalian dapat dengan mudah untuk mengakses Website yang akan dituju.

Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Bagian URL

1. Apa Itu URL?

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator, URL merupakan serangkaian karakter dapat berupa huruf, angka, ataupun simbol. Yang sesuai dengan format standar yang sudah ditentukan.

Salah Satu standar dari URL yaitu tidak menggunakan spasi, dan biasa di awali dengan HTTP ( Hypertext Transfer Protokol ) atau bisa juga HTTPS ( Hypertext Transfer Protokol Secure ). URL merupakan bagian penting bagi para Developer Web, tetapi untuk para pengunjung atau visitor tidak terlalu mementingkan nya dikarenakan sudah ada Searching Engine seperti Google, Yahoo Dan lain sebagainnya.

2. Fungsi Dan Manfaat URL (Alamat Website)

Fungsi URL pada dasarnya digunakan untuk menemukan file yang akan dituju oleh para pengguna internet. URL Dapat Juga untuk memindahkan user dari halaman suatu web ke halaman lainnya dengan menggunakan media Hyperlink. Selain itu URL juga memiliki Manfaat lainnya. Diantaranya adalah :

  • Untuk memudahkan dalam mengakses Website, dan Kalian akan dapat dengan mudah mengingat Website yang sudah pernah kalian akses.
  • Digunakan untuk penamaan suatu file pada Website.
  • Untuk Sarana Identifikasi file,dokumen, gambar dan lain sebagainya pada suatu Website.

Namun ada juga yang tidak memanfaatkan URL dengan baik, yaitu oknum oknum yang tidak bertanggung jawab. Contohnya melakukan pemalsuan atau plagiat alamat website bahkan juga untuk hacking. Okeh karena itu dengan kalian memahami URL ini kalian dapat lebih berhati hati ketika searching internet.

3. Contoh URL

Contoh dari URL bisa kalian lihat di kolom URL ketika kalian membuka atau mengakses sebuah halaman Website di internet. Ketika kalian sedang mengakses Website ini, coba Kalian perhatikan kolom di URL di browser kalian akan melihat alamat website ini yang terdiri dari Protokol ( HTTPS ).

Pada Website URL dibedakan menjadi 2 macam yaitu URL Relative dan URL Absolute. URL Relative Berguna untuk menyebutkan direktori file pada domain yang sedang aktif, Contohnya ialah “image.png”. Sedangkan URL Absolute adalah URL yang lengkap, terdiri dari domain serta direktori file. contohnya sebagai berikut ” https://www.nextekno.com/image/images.png “.

4. Bagian bagian dari URL (Alamat Website)

Bagian URL antara lain terdiri dari Protokol, domain, dan permalink. Protokol dalam URL berguna sangat penting, karena memberikan informasi kepada Server apakah suatu Website HTTP, HTTPS dan WWW. Bagian selanjutnya ialah Domain, biasanya menjadi satu paket dengan Web Server. Biasanya Developer web menggunakan jasa Domain dan Server gratis seperti blogger dan wordpress. Terkadang juga menggunakan versi berbayar seperti Rocketnesia.

Kemudian ada juga istilah Sub Domain yang pada awalnya mengikuti Domain aslinya Contohnya seperti “share-situs.com” yang memiliki domain “situs.com”. Dan kemudian yang terakhir ialah path atau permalink URL pada umumnya URL menggunakan path absolute. Permalink atau path ini mengikuti settinggan yang ditetapkan oleh developer dari web tersebut. Ketika pada situs web semakin banyak halamannya, maka path atau permalink pada URL ini akan semakin banyak, menyesuaikan dengan kategori atau urutan yang ditetapkan. Path atau permalink ini biasanya akan diberi tanda (/) garis miring untuk penanda dari direktori.

Itulah Pengertian URL, Fungsi dan Juga Contoh Bagian Bagiannya. Semoga bermanfaat bagi kalian, dan jika kalian ingin bertanya kolom komentar selalu terbuka lebar.

Dikutip dari MasTekno.com

Dimas Bimantoro
Dimas Bimantoro Menyukai dan sangat update tentang segala hal yang berkaiatan dengan teknologi.