4 Cara Mengatasi Hp Xiaomi Fastboot Paling Mudah!

NexTekno.com – Pada sebagian besar orang, khususnya pengguna Xiaomi ternyata belum mengetahui cara mengatasi Hp Xiaomi fastboot. Bahkan banyak yang berpikir Hp mereka terkena masalah saat Hp Xiaomi mereka masuk ke mode Fastboot. Mereka akan panik ketika di layar Hp mereka muncul tulisan “Fastboot” dengan logo Android yang sedang melakukan perbaikan. Lalu, apa sebenarnya mode fastboot dalam Hp Xiaomi?

Fastboot adalah bagian dari bootloader Android yang berfungsi sebagai sebuah program yang digunakan untuk menghubungkan komputer/PC dengan Android. Atau dalam kata lain penggunaan fastboot adalah sebagai protokol komunikasi antara komputer dengan Android baik secara hardware maupun software. Dan vendor Xiaomi menambahkan mode fastboot untuk memaksimalkan pengguna dalam mengubah atau memperbaiki ponsel saat terjadi kerusakan.

Bagi para pengguna Xiaomi Anda perlu memahami cara mengatasi Hp Xiaomi fastboot, agar Anda tidak panik saat Hp Anda masuk ke mode tersebut. Tidak semua merek ponsel memiliki mode ini, hanya beberapa merek saja seperti Google Pixel, Xiaomi dan Samsung yang telah unlock bootloader. Dan telah mengantongi izin untuk mengakses mode fastboot ini. Maka tidak heran jika masih banyak orang yang tidak mengenal mode fastboot.

4 Cara Mengatasi Hp Xiaomi Fastboot Paling Mudah!

Gambar screenshot 1

Cara mengatasi Hp Xiaomi fastboot bisa Anda lakukan dengan menggunakan beberapa metode yang praktis. Mulai dengan memanfaatkan hardware ponsel sampai dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa penyebab yang membuat Hp Xiaomi Anda masuk ke mode fastboot. Salah satunya adalah saat Anda baru mengaktifkan Hp, mungkin secara tidak sengaja Anda menekan tombol power dan tombol volume down secara bersamaan.

Tetapi jika Anda sama sekali tidak menekan tombol volume down dan Hp Xiaomi Anda masuk ke mode fastboot, mungkin karena beberapa hal. Antara lain adalah ROM gagal dimuat sehingga dialihkan ke mode fastboot, gagal update ROM atau MIUI baru. Selain itu bisa juga karena proses flashing gagal dan berhenti di tengah jalan, atau ada masalah saat pengisian daya ponsel. Dan untuk mengatasi fastboot di Hp Xiaomi, Anda bisa melakukan langkah langkah berikut ini.

1. Dengan Menekan dan Menahan Tombol Fisik

Cara mengatasi Hp Xiaomi fastboot yang pertama adalah dengan menekan dan menahan beberapa detik tombol power Hp Xiaomi Anda. Sangat mudah untuk melakukan cara ini, karena hanya menggunakan perangkat luar Hp Xiaomi Anda. Dengan hanya menekan tombol fisik yakni tombol power Hp Xiaomi dan menahannya beberapa saat, berikut ini langkah langkahnya.

  • Langkah pertama, Anda tekan tombol power Hp Xiaomi Anda selama beberapa saat, hingga Hp Xiaomi Anda restart atau reboot.
  • Selanjutnya, akan muncul logo MI dari Xiaomi, tunggu hingga Hp Xiaomi Anda kembali ke menu utama.
  • Selesai, Hp Xiaomi Anda sudah berhasil keluar dari mode fastboot

Atau ada juga alternatif lain yang bisa Anda lakukan, yakni dengan melakukan kombinasi menekan tombol power dan volume down secara bersamaan. Berikut ini langkah langkah selengkapnya.

  • Pertama, tekan tombol “Power” dan “Volume down” secara bersamaan selama beberapa saat, saat Hp Xiaomi Anda masih berada di mode fastboot.
  • Anda tahan sampai beberapa saat hingga Hp Xiaomi Anda melakukan restart.
  • Kemudian, Hp Xiaomi akan restart dan muncul logo MI dari Xiaomi, Anda bisa lepaskan tombol power dan volume down yang Anda tahan tadi.
  • Hp Xiaomi Anda akan otomatis loading, tunggu beberapa saat, hingga Hp Xiaomi Anda kembali ke menu utama.
  • Setelah muncul utama, Hp Anda sudah berhasil keluar dari mode fastboot.

2. Cara Mengatasi Hp Xiaomi Fastboot dengan Melepas Baterai

Anda juga bisa mengatasi Hp Xiaomi Anda yang masuk ke mode fastboot dengan cara melepas baterai. Jika Anda masih menggunakan Hp Xiaomi tipe lama yang belum menggunakan baterai tanam (removable), maka Anda bisa dengan mudah melepas baterainya. Pertama, Anda matikan Hp Xiaomi Anda terlebih dahulu, kemudian Anda buka tutup bagian belakan Hp Anda lalu lepaskan baterai Hp Xiaomi Anda.

Tunggu beberapa saat, setelah itu Anda pasang kembali baterai ke Hp Xiaomi Anda. Kemudian Anda nyalakan Hp Anda, otomatis Hp Anda sudah kembali normal seperti sedia kala dan sudah tidak berada di mode fastboot lagi. Untuk Anda yang menggunakan Hp Xiaomi dengan baterai tanam, untuk melepas baterai, Anda harus melepas casing Hp Anda terlebih dahulu. Dan Anda harus memutus arus daya pada konektor baterai selama beberapa saat.

Setelah itu, pasang kembali casing ponsel Hp Xiaomi Anda dan tekan tombol power untuk menyalakannya kembali. Secara otomatis Hp Xiaomi Anda akan kembali ke menu utama dan keluar dari mode fastboot. Tetapi cara ini sangat tidak disarankan, jika Hp Xiaomi Anda sudah menggunakan baterai tanam, lebih baik Anda mencari cara lain yang lebih aman.

3. Dengan Menggunakan CMD

Gambar screenshot 5

Cara mengatasi Hp Xiaomi fastboot yang berikutnya adalah dengan menggunakan CMD atau Command Prompt via komputer atau laptop dengan bantuan software ADBF fastboot. Memang pada umumnya cara ini digunakan untuk debug sistem android. Tetapi Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk flashing, masuk ke menu fastboot dan juga bisa untuk keluar dari menu fastboot.

Sebelum menggunakan cara ini, ada beberapa hal atau perlatan yang harus Anda persiapkan antara lain adalah Anda harus menyiapkan kabel USB yang berkualitas baik. Komputer atau laptop dengan minimal OS Windows 7 dan Hp Xiaomi Anda sudah mengaktifkan USB debugging. Jika tidak, maka Anda tidak bisa menggunakan cara ini. Selain itu ada beberapa peralatan lain yang Anda perlukan, antara lain ADBV Installer v2.0 dan ADB Fastboot and driver v1.4.3.

Setelah itu, Anda bisa mengikuti langkah langkah berikut ini.

  • Pertama, Anda sambungkan Hp Xiaomi Anda ke laptop atau komputer dengan kabel USB.
  • Pastikan laptop dan Hp Xiaomi Anda terhubung dengan baik.
  • Kemudian, Anda pergi ke Local Disk C, pada folder C:\adb.
  • Lalu, tekan tombol ASHIFT + Klik kanan di bagian folder kosong tersebut.
  • Selanjutnya Anda klik “Open command Windows here“.
  • Kemudian, ketik perintah “fastboot devices” dan tekan “Enter” untuk memastikan Hp Xiaomi terhubung.
  • Lalu ketik “fastboot reboot” untuk keluar dari mode fastboot.
  • Tunggu beberapa saat, Hp Xiaomi Anda restart secara otomatis dan kembali ke menu utama.
  • Selesai, Hp Xiaomi Anda sudah bisa keluar dari mode fastboot.

4. Cara Mengatasi Hp Xiaomi Fastboot dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Gambar screenshot 5

Cara mengatasi Hp Xiaomi fastboot yang terakhir bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Anda bisa menggunakan aplikasi Android Multi dan Tenorshare Reiboot. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di laptop Anda melalui layanan Google.play.store.com. Dan cara melakukannya adalah dengan menyambungkan Hp Xiaomi Anda ke laptop atau PC yang sudah terpasang aplikasi tersebut.

Selanjutnya Anda ikuti semua instruksi di dalamnya, agar Hp Xiaomi Anda berhasil keluar dari mode fastboot. Untuk menggunakan cara ini memang sebaiknya dilakukan dengan orang sudah ahli atau profesional. Bagi pemula, sebaiknya memilih cara yang lebih mudah dan simpel untuk mengeluarkan Hp Xiaomi Anda dari mode fastboot.

Tinggalkan komentar