Pengertian Dan Jenis–Jenis Bootloop Pada Android

Bootloop Terdiri dari kata “Boot” dan “Loop”. Boot yang artinya memulai penyalaan system operasi android dan Loop yang artinya putaran, ulang.

Jadi Bootlop merupakan masalah pada perangkat lunak android yang ditunjukan dengan tanda-tanda berupa kegagalan untuk masuk kedalam sistem secara berulang-ulang yang terjadi karena kesalahan tertentu, salah satu ciri bootloop yaitu perangkat (smartphone) hanya menampilkan logo android atau vendor secara berulang-ulang.

Bootloop memiliki 3 jenis yang berbeda-beda dan cara mengatasinya pun berbeda,dan setiap masalah pasti bisa diatasi contohnya bila smartphone kamu bootloop atau gagal booting. Apa bisa memperbaiki sendiri?

Jawabannya “Tentu Bisa” cara mengatasi bootloop sangatlah banyak jika kamu mencari dan salah satu dari cara tersebut pasti ada yang sama dengan masalahmu dan kamu bisa meniru cara – cara tersebut. 

Baca Juga: Cara Masuk Recovery Mode Disemua Smartphone Android

Jenis-Jenis Bootloop

1. Android Light Bootloop

Merupakan jenis bootloop yang mudah diatasi. Light Bootloop ini disebabkan/terjadi karena menggunakan smartphone android  melebihi batas pemakaian normal,Menginstal aplikasi yang tidak aman dan tidak digunakan  atau bermain game sehingga smartphone android sangat panas.

Saat kamu melakukan hal diatas yaitu melebihi batas pemakaian normal,menginstal aplikasi tidak aman dan sebagainya maka tiba – tiba smartphone android akan restart dengan sendirinya dan akan berhenti hanya dilogo.

Cara mengatasi jenis Bootloop ini masih ditingkat rendah karena masih mudah mengatasinya yaitu hanya dengan mematikan smartphone android kamu terlebih dahulu dan melepaskan battray smartphone tadi dan tunggu hingga beberapa saat setelah itu pasang kembali battray tadi pada smartphone dan nyalakan.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Smartphone Android Lemot

2. Android Medium Bootloop

Merupakan jenis bootloop yang berada pada tingkat menengah.penyebnya pada jenis bootloop ini yaitu karena pengguna smartphone android mengotak atik smartphone-nya dan ada kesalahan dalam mengotak atik smartphone tersebut.

Cara mengatasi Android Medium Bootloop atau bootloop menengah yaitu kamu perlu masuk ke recovery mode dan cara masuk kedalam recovery mode kamu bisa baca artikel dibawah ini.

3. Android Hard Bootloop

Merupakan Jenis Bootloop paling parah dan paling sulit untuk diatasi. Contoh Jenis Bootloop ini yaitu smartphone android saat pengguna menyalakan smartphone tersebut, hanya sampai logo merk smartphone tersebut saja,malah kadang tidak bisa dinyalakan smartphone pengguna tersebut.

Bootloop jenis ini hanya bisa masuk download mode.Cara mengatasi jenis bootloop ini juga sangat sulit dan jika kamu mencari tutorialnya saja kamu belum tentu bisa mengatasinya. Jika kamu tidak ingin memperparah smartphone android kamu,lebih baik bawa android kamu ke service center untuk diperbaiki.

Baca Juga: Semua Tentang Android, Pengertian, Fitur, Kelebihan Serta Kekurangan Android

Demikian artikel tentang Pengertian Dan Jenis – Jenis Bootloop pada android yang bisa kamu jadikan sebagai suatu pengetahuan tentang smartphone android dan apabila ada kata atau review yang kurang jelas bisa langsung ditanyakan pada kolom komentar yang telah disediakan Terimakasih.

2 pemikiran pada “Pengertian Dan Jenis–Jenis Bootloop Pada Android”

Tinggalkan komentar