Kode Remote TV Universal Sharp LG Dan Polytron

Nextekno.comKode remote TV Universal, Sharp, LG dan Polytron tentu saja berbeda beda. Setiap merk TV mempunyai kode remote masing-masing. Kerusakan pada TV yang sering terjadi biasa terletak pada remote bawaan TV. Bahkan tidak jarang, TV yang baru Anda beli juga tidak bisa hidup dikarenakan remote rusak. Ini biasa terjadi jika Anda membeli TV melalui aplikasi Online.

Faktor yang sering terjadi dari kerusakan remote TV adalah tombol TV yang error karena Anda kerap gonta-ganti channel. Atau bisa juga terjadi karena remote TV Anda sering terjatuh dan terbentur benda keras. Meskipun masalah kerusakan remote TV sering terjadi, nyatanya tidak semua produsen TV yang menjual terpisah remote televisinya. Hanya beberapa merk TV saja yang menjual bebas remote asli televisinya di pasaran.

Tapi jangan khawatir, Anda bisa memakai kode remote TV universal sebagai gantinya. Cukup dengan memasukkan kode remote TV yang sesuai, Anda sudah bisa menggunakan remote untuk mengganti channel ataupun mengubah volume suara. Tapi sebenarnya berapakah kode remote TV universal Sharp, LG dan Polytron, bagaimana cara menggunakannya? Akan kami jelaskan dalam artikel berikut ini.

Kode Remote TV Universal Sharp, LG, Dan Polytron

Kode Remote TV Universal Sharp LG Dan Polytron

Cara memasukkan angka pada kode remote TV Universal Sharp, LG dan Polytron tentu tidak sama antara satu dengan yang lain. Beda merk televisinya, beda pula remote dan cara pengaturannya. Begitu juga dengan bentuk dan tipe TV, tentu juga berpengaruh untuk jenis remote dan setelannya. Sekarang ini perkembangan TV pun sudah semakin maju, ini terbukti dengan banyaknya TV LED dan TV LCD dari berbagai merk terkenal.

Bahkan sekarang ini pemerintah sudah mulai bertahap ke penggunaan TV digital. Selain gambarnya yang bening dan jernih Anda juga bisa menikmati lebih banyak saluran televisi tanpa harus membayar iuran setiap bulannya. Walaupun begitu, ternyata masih banyak juga orang yang masih menggunakan TV tabung.

Ukurannya yang besar dan kuat membuat TV tabung awet dan tidak mudah rusak, apalagi jenis TV ini mempunyai kode remote TV yang mudah dan sangat universal. Jadi kita tidak akan merasa kesulitan untuk mencari pengganti remote TV jika mengalami kerusakan. Berikut ini akan kami jelaskan tentang kode remote TV merk ternama beserta cara penggunaannya.

TV Sharp

Sharp merupakan salah satu merk TV yang paling populer di Indonesia. Kejernihan gambar dan ketajaman warnanya membuat merk ini selalu menjadi incaran pembeli. Walaupun Sharp sudah mengeluarkan TV LED dan LCD, nyatanya TV tabung Sharp masih banyak yang memakainya. TV tabung Sharp mempunyai 7 kode remote yang bisa Anda pilih salah satunya.

Kode itu adalah 025,135, 136, 137, 003, 018, 016. Anda bisa memilih salah satu kode tersebut ketika Anda menyetel remote baru ke TV tabung Sharp. Untuk memasukkan kode remote TV Sharp adalah sebagai berikut.

  • Yang pertama Anda ambil remote yang Anda beli kemudian nyalakan TV Anda.
  • Tekan tombol ‘SET’ dan tahan jangan dilepas.
  • Tekan juga tombol ‘power‘ dan tunggu hingga lampu remote menyala, lalu lepaskan.
  • Setelah itu tekan salah satu kode remote Sharp contohnya angka 025.
  • Setelah Anda tekan kode tersebut, biasanya lampu akan off dan itu menandakan remote baru Anda siap dipakai.

Sedangkan untuk menyambungkan remote TV sharp tanpa kode adalah sebagai berikut.

  • Nyalakan TV, tekan dan tahan tombol ‘SET’ dan ‘power‘, tunggu sampai lampu indikator menyala merah.
  • Kemudian arahkan remote ke TV dan klik tombol volume ke atas dan ke bawah hingga TV bisa mengikuti arahan untuk mengurangi dan menambah volume.
  • Terakhir tekan tombol ‘power‘ untuk mematikan lampu indikator.
  • Dan kini, remote TV Anda sudah siap Anda pakai dengan baik untuk mengontrol TV Sharp Anda.

Kode Remote TV LG

Bukan hanya TV tabung, sekarang ini merk LG juga mengeluarkan TV LCD dan LED. Produk TV keluaran Korea Selatan ini, memang banyak diminati orang. Mempunyai kualitas yang bagus membuat TV LG bisa Anda pakai dalam waktu yang lama. Tapi biasanya karena termakan waktu, remote TV bawaan cepat rusak, sedangkan untuk memperbaikinya Anda memerlukan biaya yang cukup besar.

Maka solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan kode remote TV universal. Kode remote TV universal juga tidak sama, tiap merk dan tipe TV memiliki kode remote yang berbeda beda. Untuk kode remote TV tabung LG adalah 103, 140, 043, 024, 259, 260 dan 261. Sedangkan untuk kode remote TV LCD dan LED merk LG adalah 024 dan 140.

Bahkan untuk TV LG seri LED dan LCD juga ada yang mempunyai kode 4 digit. Kode itu adalah 1840, 4086, 1663, 1305, 1859, 1637, 0644, 0606, 2065, 1423, 0178, 0014 dan masih banyak lagi. Anda bisa memilih salah satu kode tersebut untuk menyetel remote universal TV Anda.

Sedangkan cara untuk memasukkan kode remote TV LG adalah sebagai berikut.

  • Nyalakan televisi Anda, kemudian tekan tombol ‘TV’ pada remote universal Anda.
  • Tekan dan tahan tombol ‘SET’ serta tombol ‘power‘ sampai lampu indikator menyala, dan lepaskan ketika sudah menyala.
  • Selanjutnya, tekan kode remote TV sesuai dengan seri TV, misalnya untuk TV tabung menggunakan kode 103 dan untuk TV LCD dan LED 024, atau 0178 untuk TV LED dan LCD yang membutuhkan 4 digit.
  • Tunggu sebentar, biasanya lampu indikator akan off dan itu menandakan remote siap Anda gunakan.
  • Jika tidak berhasil ulangilah dari awal dan masukkan kode yang lain yang belum Anda pakai sebelumnya.
  • Anda juga bisa mencoba remote tersebut untuk mengecek channel, volume suara, pengaturan atau yang lainnya.

Kode Remote TV Universal Polytron

Selanjutnya adalah cara memasukkan kode remote universal TV Polytron, ini untuk Anda yang menggunakan merk TV Polytron. Remote bawaan TV Polytron juga terkadang mempunyai banyak masalah hingga tidak bisa dipakai lagi. Seperti rusak karena termakan usia, rusak karena sering jatuh atau error karena sering gonta-ganti channel.

Tak hanya itu ukuran remote yang kecil, juga terkadang membuat remote bawaan ini mudah hilang. Dan untuk mencari pengganti remote bawaan ini, Anda bisa menggunakan remote universal. Untuk kode remote TV universal Polytron jenis TV Tabung adalah 147, 253, 017, 151, 024, 150, 120, 152, 253, 043, 385, 053.

Sedangkan untuk jenis TV LED dan LCD memiliki kode remote 024, 150, 120, 151, 017, 147, 053, 253, 152. Ada dua cara setting remote TV Polytron yang bisa Anda lakukan yakni cara setting remote otomatis dan cara setting remote manual. Sedangkan untuk cara manual sebenarnya sama dengan cara Anda memasukkan kode remote universal merk TV lain, masukkan kode remote universal sesuai dengan jenis merk dan tipe TV Anda.

Berikut ini cara setting remote otomatis.

  • Pertama tekan dan tahan tombol SET (simbol S) pada remote, sampai lampu indikator menyala.
  • Sesudah menyala, arahkan remote ke TV dan tekan tombol Vol+ atau Vol-.
  • Jika bisa berfungsi, volume TV akan mengeras dan melirih.
  • Untuk lebih memastikan, tekan tombol lain pada remote.
  • Terakhir tekan tombol ‘power’ ( biasanya warna kuning atau merah ) untuk mematikan lampu indikator.

Demikian penjelasan mengenai cara memasukkan kode remote TV universal Sharp, LG dan Polytron. Anda bisa mencobanya, jika remote bawaan TV Anda mengalami kerusakan. Anda tinggal membeli remote TV universal, dan ikuti panduan cara memasukkan kode remote yang sesuai dengan jenis TV Anda.

Tinggalkan komentar