STB TV Tabung, Saatnya Beralih ke TV Digital

Nextekno.com– Dengan menggunakan STB TV tabung, Anda bisa menonton berbagai siaran TV digital. Anda bisa membeli STB ini pada toko toko elektronik ataupun melalui aplikasi Online. Cara penggunaannya pun sangat mudah, Anda bisa mengikuti petunjuk dalam buku panduan. Atau Anda juga bisa membuka aplikasi Youtube dan mengikuti langkah langkahnya.

Mulai bulan November 2022, pemerintah berencana menghentikan siaran TV analog. Ini merupakan program pemerintah untuk mengalihkan semua siaran TV analog ke siaran TV digital. Dengan menggunakan siaran TV digital Anda akan mempunyai beberapa keuntungan. Antara lain kualitas gambar yang bagus, suara yang jernih, mempunyai frekuensi saluran TV yang lebih banyak, dan yang paling menarik, Anda tidak perlu membayar apa pun alias gratis.

STB TV tabung mempunyai berbagai jenis dan merk, Anda bisa memilih jenis STB yang Anda inginkan dan sesuai dengan tipe TV Anda. Tetapi untuk STB tipe TV ini, biasanya memiliki fitur yang tidak selengkap untuk STB TV LCD atau LED. Berikut ini berbagai macam jenis dan merk STB TV tabung yang bisa Anda pakai.

STB TV Tabung, Saatnya Beralih Ke Siaran Digital

STB TV Tabung, Saatnya Beralih ke TV Digital

Penggunaan STB TV Tabung memang masih terus digalakkan. Iklan untuk beralih ke siaran TV digital hampir setiap hari muncul di televisi kita. Karena rencananya, pada bulan November tahun 2022 ini pemerintah akan menutup seluruh siaran TV analog dan beralih ke siaran TV digital. Dan jika Anda masih menggunakan TV tabung, Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan STB untuk bisa menonton seluruh siaran TV digital.

STB ataupun Set Top Box merupakan sebuah perangkat elektronik yang bisa menangkap sinyal ( bisa berupa sinyal digital yang terenkripsi ). Untuk kemudian mengubahnya menjadi sinyal audio dan video yang dapat diputar dan ditayangkan di televisi. Walaupun sudah menggunakan STB, Anda juga masih memerlukan antena, karena antena berfungsi untuk menangkap sinyal.

Cara Pemasangan STB TV tabung

Cara pemasangan STB TV tabung sebenarnya hampir sama dengan STB TV LED dan LCD yang belum digital. Hanya saja TV tabung tidak bisa mengakses menu lebih banyak daripada TV LED atau pun LCD. Untuk jenis TV tabung yang belum android biasanya tidak bisa mengakses Youtube, sehingga STB yang biasa digunakan adalah jenis sederhana dan mempunyai harga yang lebih murah.

Berikut ini cara dan pemasangan STB TV tabung yang bisa Anda lakukan.

  • Pastikan daerah Anda sudah tersedia siaran televisi digital.
  • Pastikan TV Anda memiliki antena UHF, berupa antena luar maupun dalam ruangan.
  • Pastikan TV Anda sudah dilengkapi dengan STB DVBT2.
  • Nyalakan TV, dan pastikan TV dalam kondisi AV.
  • Jika terdapat beberapa AV pada TV, sesuaikan dengan koneksi STB, apakah AV1, AV2 dan seterusnya.
  • Setelah ditentukan, nyalakan STB.
  • Tekan tombol “Menu” pada remote STB.
  • Cari menu “pencarian saluran”, kemudian cari “pencarian otomatis”.
  • Jika sudah selesai pilih “simpan”.

Ada berbagai kelebihan menggunakan STB pada televisi Anda. Antara lain, menghasilkan resolusi siaran yang lebih bagus, kualitas siaran yang lebih baik, lebih stabil dan lebih tahan terhadap gangguan. Selain itu, frekuensi saluran TV digital juga lebih banyak, gambar lebih bening dan suara lebih jernih. Fasilitas ini juga bisa Anda dapatkan walaupun Anda tinggal di pedesaan. Dan ini gratis, Anda tidak perlu membayar iuran setiap bulan.

Jenis jenis STB (Set Top Box)

STB TV Tabung, Saatnya Beralih ke TV Digital

STB atau Set top Box adalah alat untuk menangkap sinyal digital menjadi gambar dan suara agar dapat ditampilkan pada TV analog. Sedangkan STB TV android adalah alat yang bermanfaat untuk mengubah televisi menjadi pintar. STB juga familiar dengan istilah dekoder TV digital, dan biasanya STB ini berbentuk kotak lengkap dengan remote dan kabel.

Berikut ini jenis jenis STB yang tersedia di pasaran saat ini.

STB Terestrial (DVB T2)

Dekoder atau STB ini merupakan STb gratis dari Kominfo untuk kalangan masyarakat yang kurang mampu. Jenis STB ini adalah yang paling sederhana dan bisa Anda gunakan tanpa menggunakan internet. Untuk Anda yang menggunakan TV tabung biasanya menggunakan STB jenis ini. Anda hanya perlu antena biasa seperti antena UHF/VHF saja.

Cara menyambungkan STB ini juga sangat mudah, Anda tinggal menyambungkannya di antara antena dan TV. Harganya cukup murah hanya mulai dari Rp 40.000 saja. STB ini tidak mempunyai fitur OS Android dan tidak bisa mengubah TV Anda menjadi smart TV. Fungsi STB ini hanya menangkap siaran digital TV saja, dan ini merupakan jenis STB TV tabung yang biasa di pakai banyak orang.

STB TV BOX

STB TV BOX merupakan jenis STB yang praktis, karena STB ini sudah tertanam dalam perangkat TV itu sendiri. Anda tidak perlu kabel atau antena lagi untuk memasang STB ini. Anda bisa langsung menikmati siaran TV digital saat Anda menyalakan televisi. Jenis STB ini juga mempunyai fitur yang lengkap seperti fitur Android ataupun OS lainnya.

Anda bisa mengakses internet melalui TV seperti menonton Youtube dan lain lain selama ada sinyal WiFi. STB TV BOX biasa terdapat pada televisi yang sudah digital. Pemakaian STB TV Box ini juga gratis tidak berbayar.

STB TV Kabel

STB jenis ini berfungsi untuk menangkap sinyal siaran dari frekuensi radio. Berbeda dari parabola yang harus dari rumah ke rumah, STB ini menggunakan penarikan kabel secara sekaligus dalam satu daerah. Harga STB ini juga lebih murah dan mempunyai jaringan yang lebih stabil. Merupakan jenis STB berbayar dan biasanya menawarkan sepaket dengan penyediaan koneksi internet.

Contoh penyedia STB TV Kabel di Indonesia adalah Firstmedia, Transvision, My Republic, Biznet dan Indovision.

STB Internet atau Wifi

Jenis STB ini mengandalkan jaringan internet untuk menampilkan siaran televisinya. STB ini menggunakan sistem DVB IPTV ( Digital Video Broadcast – Internet Protocol Television). Kelebihan dari STB internet ini adalah pengguna bisa melakukan interaksi pada tayangan TV, misalnya menyimpan ( (save), reminder, memundurkan acara yang terlewat, memilih tayangan mana yang akan dilihat dan lain lain.

STB ini menyediakan fitur OS ( Operating System ) yang lengkap, yang memungkinkan Anda menjelajah internet melalui TV. Penyedia STB Internet atau WiFi di Indonesia adalah UseeTV.

STB Satelit

STB Satelit disebut juga dengan istilah receiver parabola atau penerima parabola. Fungsi dari STB ini menerima siaran televisi dari parabola yang berasal dari satelit tertentu. Jenis STB ini merupakan STB berbayar dan disediakan oleh penyedia layanan khusus, seperti MNC Vision, KVision, Spyro, dan lain lain.

Demikian tadi berbagai penjelasan mengenai STB TV Tabung, yang menjadi solusi terbaik untuk bisa menangkap siaran digital. Anda bisa memilih salah satu jenis STB terbaik yang sesuai dengan jenis dan tipe TV Anda, dan ikuti cara pemasangannya dengan benar. Dengan menggunakan STB, gambar TV Anda akan terlihat bagus dan jernih, Anda juga bisa melihat lebih banyak saluran TV pada siaran TV digital.

Tinggalkan komentar