Materi Bahasa Inggris Kelas7, Dengan Kurikulum Terbaru

Nextekno.com– Ada banyak materi bahasa Inggris kelas7 yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Seperti Anda tahu, bahwa tahun ajaran 2022/2023 tidak lagi menggunakan kurikulum 2013. Karena mulai tahun 2022 ini, kita menggunakan kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan kurikulum merdeka ini pada bulan Februari 2022. Kurikulum ini merupakan evaluasi dari kurikulum sebelumnya (kurikulum 2013), yang telah disempurnakan dengan berbagai perubahan. Dan kurikulum ini bertujuan agar para siswa belajar dengan menggunakan waktu yang lebih optimal dan juga berkompetensi.

Pembuatan rangkuman materi bahasa Inggris kelas7 ini bertujuan untuk mempermudah tugas para guru. Sehingga mereka tidak kesulitan lagi untuk mencari referensi pelajaran yang akan mereka berikan. Dan berikut ini, rangkuman materi bahasa Inggris kelas7 yang bisa Anda jadikan referensi dalam mengajar.

Materi Bahasa Inggris Kelas7 Terlengkap Dengan Kurikulum Terbaru

Materi Bahasa Inggris Kelas7, Dengan Kurikulum Terbaru

Ada berbagai macam jenis materi bahasa Inggris kelas7 yang bisa Anda ajarkan pada anak didik Anda. Materi yang Anda ajarkan harus berpedoman pada kurikulum terbaru atau kurikulum merdeka. Seperti kita tahu, bahwa pelajaran bahasa Inggris merupakan pelajaran wajib yang harus ada. Bahkan para siswa mulai mengenal pelajaran ini dari kelas 1 Sekolah Dasar.

Ketika memasuki sekolah SMP atau kelas7, materi pelajaran bahasa Inggris pun semakin berkembang. Jika dulu siswa mempelajari bahasa Inggris hanya pengenalan mengenai berbagai nama benda dan kata sifat saja. Ketika Anda memasuki kelas7, materi pelajaran ini pun semakin luas. Dan berikut ini rangkuman materi bahasa Inggris kelas7 terlengkap sebagai referensi Anda.

1. Greetings And Partings

Greetings And Partings atau salam dan ucapan perpisahan, merupakan materi pelajaran bahasa Inggris kelas7 yang pertama yang bisa Anda ajarkan. Pelajaran ini sangat penting, karena hampir tiap hari kita bertemu dengan banyak orang, seperti keluarga, teman, saudara, ataupun tetangga. Pelajaran ini berhubungan dengan cara kita menyapa seseorang dengan cara yang baik.

Greetings adalah ucapan salam yang biasa kita gunakan untuk menyapa seseorang yang kita kenal. Untuk memulai sebuah percakapan, biasanya kita juga menggunakan ungkapan greeting terlebih dahulu. Contoh ungkapan greeting yang bisa kita pakai dalam kehidupan sehari hari adalah sebagai berikut, Hi/hello, good morning (selamat pagi), good afternoon (selamat siang), good evening ( selamat sore).

Anda juga bisa menggunakan ungkapan greetings lain seperti how are you (apa kabar), how’s your life (bagaimana kehidupanmu), What’s up ( ada kabar apa), what’s going on (apa yang terjadi), what’s news ( ada kabar apa), nice to meet you/nice to see you (senang bertemu denganmu) dan masih banyak yang lain.

Partings adalah salam perpisahan, ungkapan ini biasa kita pakai saat kita mengakhiri sebuah pertemuan. Contohnya seperti, good bye (selamat tinggal), good night (selamat malam), see you later (sampai jumpa lagi), see you tomorrow (jumpa lagi besok), see you next time (jumpa lagi lain waktu), take care (jaga diri), have a nice day (semoga harimu menyenangkan) dan lain sebagainya.

2. Grammer

Grammer atau tata bahasa merupakan materi bahasa inggris kelas7 terpenting yang harus dipahami para siswa. karena pemakaian grammer ini mempunyai segudang manfaat. Salah satunya adalah dengan menggunakan atau menulis sebuah kalimat dalam bahas inggris dengan baik dan benar. Grammer juga terbagi menjadi beberapa bagian seperti grammer to be, simple present tense dan simple past tense.

Grammer ‘to be’

Penggunaan grammer ‘to be‘ ini setara dengan kata ‘adalah’ dalam pemakaian bahasa Indonesia. Tetapi dalam bahasa Inggris ‘to be’ tidak mempunyai arti, dan penggunaannya sebagai penghubung antara subjek dan predikat. Grammer ‘to be’ biasa digunakan sebagai kata bantu (auxiliary verb), yang menjelaskan kondisi yang tetap/sedang terjadi.

Selain itu juga menjelaskan tentang kondisi tetap/kondisi yang tidak berubah, seperti nama, sifat, warna dan semacamnya. Contoh grammer ‘to be’ adalah is, am, are. penggunaan “is” untuk subjek He, She dan It,am‘ untuk subjek i, dan penggunaan ‘are‘ untuk subjek You, We, dan They.

Grammer simple present tense

Simple present tense adalah kalimat dengan pola bentuk kata kerja yang menyatakan kejadian yang berlangsung di masa sekarang. Rumus pengunaaan simple peresent tense sebenarnya tidak terlalu rumit karena sering kita gunakan dalam sehari hari. Dan untuk rumus present tense yang sedehana untuk kalimat positif, adalah subjek+verb1 (s/es) dan complement.

Kalau polanya nominal, akan menggunakan rumus, subjek+verb to be+complement. Sedangkan untuk kalimat negatif ada 2 rumus yaitu subject+to be+not+complement, dan untuk kalimat tanya negatif adalah to be+subject+complement.

Simple past tense.

Grammer ini menceritakan kejadian yang terjadi di masa lampau dan berakhir pada masa lampau juga. Tense ini digunakan saat Anda bercerita sekarang tentang kejadian di masa lampau Anda. Rumus sederhana simpel past tense adalah subject+verb2+object+complement. selain itu kalimat past tense juga mempunyai beberapa ciri sebagai berikut:

  • Selalu menggunakan verb ke2 yang menandakan kejadian di masa lampau, dan juga menggunakan to be was/were.
  • Selain itu, selalu menggunakan waktu bentuk lampau, seperti last night, yesterday.
  • Memakai kata kerja reguller dan irreguller.

3. Materi Bahasa Inggris Kelas7Expressing Apology

Expressing apoligy adalah sebuah pernyataan yang mengungkapkan ekspresi permintaan maaf. Materi ini sangat penting , karena siswa diajarkan untuk selalu meminta maaf setelah melakukan kesalahan. Dengan meminta maaf, berarti kita menyadari kesalahan, selain itu juga dapat menjaga silaturahmi antar sesama manusia.

Contoh expressing apology adalah dengan menggunakan kata I’am sorry (saya minta maaf), I’am really sorry (saya benar benar minta maaf), Sorry it’s my fault (maaf, ini salah saya), please fogive for (tolong maafkan untuk), please accept my apology (tolong terima permintaan maafku), pardon me for (ampuni saya untuk), dan juga yang lainnya.

4. Asking for Information

Asking for information adalah sebuah kalimat bertanya untuk menanyakan sesuatu atau informasi sesuatu, bisa nama tempat atau yang lainnya. Contoh ungkapan asking for information adalah sebagai berikut.

  • Can/Could you tell me…? (Apakah Anda bisa memberitahu saya)
  • Do you know about…? (Tahukah Anda tentang)
  • Do you have any idea…? (Apakah Anda ada ide)
  • I wonder if you could tell me...? (Saya ingin tahu apakah Anda bisa memberitahu saya)

5. Materi Bahasa Inggris kelas7 Giving command

Giving Command adalah materi bahasa Inggris kelas7 berikutnya yang bisa Anda ajarkan. Materi ini berisikan tentang kalimat untuk memerintah seseorang untuk melakukan sebuah pekerjaan. Berikut ini beberapa contoh ungkapan giving command.

  • Help me! (tolong saya)
  • Watch me! (lihat saya)
  • Run! (lari)
  • Sit down! (duduk)
  • Stand up! (berdiri)
  • Open the door (buka pintu)
  • Close the door (tutup pintu)
  • Call me (hubungi saya)
  • Eat this! (makan ini)
  • Burn this! (bakar ini)

Demikian tadi 5 materi bahasa Inggris kelas7 terlengkap dengan menggunakan kurikulum terbaru. Dengan menerapkan beberapa materi tersebut, siswa kelas7 akan lebih mudah dalam memahami dan menggunakan berbagai kalimat dalam bahasa Inggris sehari hari.

Tinggalkan komentar