5 Metode Pembelajaran PAUD, Mudah Dan Menyenangkan!

Nextekno.com– Ada banyak metode pembelajaran PAUD yang mudah dan menyenangkan. Untuk mengajar anak anak usia dini atau PAUD, harus memperhatikan berbagai macam aspek. Dan harus benar benar memperhatikan aspek perkembangan anak. Seperti perkembangan nilai agama dan moral, sosial dan emosional, perkembangan bahasa, kognitif, fisik dan motorik dan perkembangan seni.

Usia sekolah anak PAUD, biasanya berkisar antara 3 sampai 5 tahun. Tetapi ada juga orang tua yang menyekolahkan anak mereka sejak umur 2,5 tahun. Dan ini tidak dipermasalahkan, karena tidak ada undang undang di Indonesia yang mengatur secara ketat, tentang batasan umur sekolah anak PAUD ini. Jadi, jika Anda berkeinginan untuk menyekolahkan anak Anda lebih awal, ini sah sah saja.

Metode pembelajaran PAUD harus berdasarkan kurikulum yang berlaku. Tetapi meskipun begitu, sebuah kurikulum yang sudah terorganisir dengan baik, bisa saja berubah sewaktu waktu. Tentunya menyesuaikan dengan berbagai perubahan yang terjadi. Entah itu dengan mengubah, menambah, mengurangi atau memperbaiki kurikulum secara berkala.

5 Metode Pembelajaran PAUD, Mudah Dan Menyenangkan!

Seorang guru profesional terutama guru PAUD, harus bisa menguasai lebih dari satu metode pembelajaran PAUD. Selain itu, juga harus mempunyai kompetensi pedagogik. Kompetensi ini berhubungan dengan ketrampilan guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas. Serta dapat menggali potensi dan mengembangkan bakat kemampuan anak didik mereka.

Kompetensi pedagogik yang harus ada dalam setiap guru PAUD, adalah ketrampilan dalam menguasai lebih dari satu metode pembelajaran. Selain lebih variatif, juga tidak akan membosankan karena setiap hari ada metode pelajaran yang berbeda. Dan berikut ini 5 metode pembelajaran PAUD, yang bisa Anda terapkan di sekolah PAUD.

1. Metode Bercerita

Metode ini paling umum digunakan dalam pembelajaran sekolah PAUD. Kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode ini paling gampang Anda terapkan. Dengan bercerita, Anda bisa menyampaikan informasi, menghibur dan juga bisa untuk memberikan semangat. Bercerita bisa Anda lakukan dengan menggunakan alat bantu (media) dan juga tanpa alat bantu apa pun.

Metode bercerita, merupakan metode paling umum dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Dengan bercerita, seorang guru bisa menyampaikan materi atau pesan dengan menggunakan lisan secara langsung di hadapan siswa. Metode ini, akan membantu siswa menjadi pendengar yang baik untuk bisa belajar memahami isi pesan tersebut.

Guru PAUD bisa menggunakan alat bantu berupa media atau buku dongeng dalam bercerita. Dengan menceritakan berbagai dongeng yang menarik yang mengandung pesan, dengan cerita yang berbeda beda setiap harinya akan membuat siswa lebih antusias. Supaya tujuan pembelajaran tercapai, guru juga harus benar benar memperhatikan keutuhan dari cerita tersebut.

Fungsi dari metode bercerita bagi anak PAUD, juga untuk menambah perbendaharaan kata. Dengan mendengarkan, mereka akan memahami kata kata yang tidak pernah mereka tahu sebelumnya. Selain itu, dengan bercerita akan memperkuat daya ingat anak, karena anak akan menceritakan kembali isi cerita tersebut kepada orang lain.

2. Metode Bermain

Bermain memang hal yang paling menyenangkan, apalagi bagi anak sekolah usia PAUD. Aktivitas ini bisa Anda jadikan sebagai metode pembelajaran yang menyenangkan di sekolah. Menurut ahli psikologi anak, aktivitas bermain dapat meningkatkan kecerdasan dan sangat baik untuk tumbuh kembang anak.

Selain itu metode bermain juga memiliki segudang manfaat antara lain sebagai berikut.

  • Manfaat motorik, dengan bermain anak anak akan lebih banyak menggunakan aktivitas fisik. Seperti kaki, tangan, berjalan atau pun berlari. Dan itu akan memperkuat kekuatan otot fisik mereka.
  • Manfaat afeksi, ini berhubungan dengan psikologi anak seperti, naluri, insting, sifat dan karakter kepribadian anak tersebut. Dengan bermain mereka akan jadi diri sendiri dengan sifat dan karakternya dan juga bisa belajar untuk memahami karakter orang lain.
  • Merangsang Kreativitas, mereka dapat mengembangkan kreativitas mereka dengan membuat permainan yang seru dan berbeda beda setiap harinya.
  • Manfaat kognitif, bisa mengeluarkan imajinasi mereka dengan permainannya. Misalnya dengan berbicara sendiri dengan barang mainan mereka.
  • Belajar Bermasyarakat, dengan bermain, mereka akan lebih menghargai orang lain dalam permainan mereka.
  • Sebagai Standar Moral, melatih anak untuk menjaga sikap dan melakukan hal hal yang baik selama bermain.
  • Mengenal Jenis Kelamin, dengan bermain kelompok sesuai dengan jenis kelamin, mereka akan mengenal jenis kelamin mereka dan tahu batasan batasan bermain dengan jenis kelamin yang berbeda.

3. Metode Pembelajaran PAUD Dengan Metode Bernyanyi

Kegiatan yang sangat disukai anak anak, terutama untuk anak usia PAUD adalah bernyanyi. Dan ini bisa Anda jadikan sebagai salah satu metode pembelajaran anak PAUD yang menyenangkan. Dengan bernyanyi, para guru bisa menyampaikan pesan moral dan nilai agama melalui isi lagu tersebut. Anda bisa mengajarkan Sholawat Nabi atau pun Asmaul Husna melalui lagu yang menyenangkan.

Melalui nyanyian, anak anak akan lebih cepat menangkap pesan yang disampaikan, bahkan bisa menyimpan dan mengingatnya dalam jangka panjang. Itu karena dengan bernyanyi, otak kanan anak akan bekerja secara optimal. Bernyanyi dengan menggunakan iringan musik bisa membuat anak anak bernyanyi dengan lebih gembira.

4. Metode Karyawisata

Metode Pembelajaran PAUD yang satu ini juga merupakan kegemaran anak. Mereka akan sangat senang jika berkunjung ke tempat wisata. Guru bisa menjadikan kebun binatang sebagai tempat karyawisata yang menarik. Dengan melihat berbagai hewan, seperti burung, harimau, gajah, kuda, unta, dan hewan lainnya akan mengajarkan anak untuk lebih mengenal nama dan bentuk hewan.

Dengan mengunjungi sebuah obyek wisata, anak anak akan lebih mengenal alam sekitar dengan berbagai tumbuhan, hewan dan lingkungan. Guru bisa mengajarkan materi langsung dengan melihat objeknya. Selain belajar, mereka juga bisa bergembira dan bermain dengan berbagai sarana yang tersedia di tempat wisata.

5. Metode Proyek Sederhana

Metode pembelajaran PAUD yang satu ini adalah dengan memberikan proyek atau tugas dalam bentuk sederhana. Misalnya dengan melakukan kegiatan mewarnai, menjiplak gambar, pengamatan terhadap warna daun, dan menemukan benda dengan berbagai macam bentuk. Anda bisa memberikan tugas sederhana kepada mereka dengan cara yang lebih menyenangkan.

Dengan memberikan tugas mewarnai gambar, seperti tumbuh tumbuhan, hewan atau pemandangan alam. Mereka akan lebih mengembangkan imajinasi mereka dalam mengenal berbagai macam warna. Memberikan tugas menjiplak gambar, akan mengajarkan mereka untuk lebih teliti dan mengamati dalam membuat gambar yang sama.

Tugas mengamati daun akan mengajarkan mereka untuk melakukan observasi secara langsung terhadap obyek benda. Selain itu dengan memberikan tugas menemukan benda dengan berbagai macam bentuk, akan mengajarkan mereka untuk mengenal macam macam bentuk. Seperti segitiga, lingkaran, bujur sangkar, persegi panjang dan bentuk lainnya.

Demikian tadi 5 metode pembelajaran PAUD yang bisa Ada terapkan di sekolah. Dengan menggunakan beberapa metode tersebut, anak anak usia PAUD dapat belajar dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Tinggalkan komentar